I.  Pengenalan Internet
internet dapat di terjemahkan secara sangat sederhana sebagai international network.dari istilah tersebut di katakan bahwa internet adalah semacam jaringan yang mampu menghubungkan kita dengan jarinagan informasi dunia dan masyarakat global.
lalu apa bedanya internet dengan teknologi yang lainnya seperti telepon, surat kabar, televisi dan radio yang memiliki konsep yang hampir sama dengan internet ? jawabannya dalah bahwa teknologi selain internet itu ternyata berdiri-sendiri, berbeda dengan internet dimana ia mampu meliput semua teknologi-teknologi semacam itu.
selain hal tersebut di atas, internet dapat menjamin kebebasan para pengaksesnya untuk memanfaatkan teknologi sebanyak yang iamau menurut seleranya sendiri.

Sejara Internet
  internet merupakan jaringan komputer yang di bentuk oleh departemen pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969,melalui proyek ARPA ynag di sebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), dimana mereka mendemonstrasiakan bagaimana dengan hadware dan softwarae komputer yang berbaris UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dala jarak jauh yang tidak terhingga melalui saluran telepon. proyek ARPANET merancang bentuk jaringan,kehandalan,seberapa besar informasi dapat di pindahkan, dan akhirnya semua setandar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang di kenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).
tahun awal di banginnya proyek itu adalah untuk keperluan militer.pada saaat itu departemen pertahanan amerika serikat membuat sistem jaringan komputer yang terbesra dan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasa masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah di hancurkan.
pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu stanford research institute, university of california, santa berbara,  university of utah, dimana mereka membentuk satu jaringan terpadu pada tahun 1969,dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bualn oktober 1972.



Tahun
Kejadian
1957
uni soviet (sekarang rusia) meluncurkan  wahana luar angkasa sputnik.

1958




sebagaibentuk dari “kekalahan” Amerika Serikat dalam meluncurkan wahana luar
angkasa, dibentuklah sebuah badan didalam departemen pertahanana Amerika Serikat          
,yang bertujuan agar Amerika Serikat mampu meningkatkan ilmu pengetahuan dan          
teknologi Negara tersebut. Salah satu sasarannya adalah teknologi computer.
1973


ARPANET keluar Amerika Serikat: pada tahun ini, anggota ARPANET  bertambah lagi  
dengan masuknya beberapa universitas di luar Amerika  Serikat yakni university college        
of London dari inggris dan royal radar establishment di norwegia
1977
sudah ada 111 buah computer yang telah terhubung ke ARPANRT.
1982              `
Istilah “ internet” pertama kali digunakan, dan TCP/IP di adopsi sebagai protocol universal untuk jaringan tersebut.
Name server mulai dikembangkan, sehingga mengijinkan para pengguna agar dapat terhubung kepada sebuah host tanpa harus mengetahi jalur pasti meneju host tersebut. 1000 buah host yang tergabung ke internet.